PT INDOGEN INTERTAMA, berdiri sejak 2010, memulai usahanya dengan menyuplai kebutuhan bahan habis pakai laboratorium riset di sekitar Jakarta. Kini INDOGEN telah menjalin kerjasama dengan beberapa suplier di beberapa daerah, seperti Bandung, Yogyakarta, Makassar, Aceh, Bali dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman, maka INDOGEN mulai memfokuskan diri sebagai suplier produk riset untuk immunologi dan kebutuhan penunjangnya.

WA. 0812-9318-5185 | Apa itu Vaksin mRNA?

Vaksin mRNA


 Apa itu Vaksin mRNA?


Telah dibahas sebelumnya mengenai perkembangan Vaksin mRNA untuk COVID-19. Kali ini akan kami bahas secara detail apa itu vaksin mRNA?


Vaksin mRNA merupakan salah satu vaksin dengan teknologi terkini yang memanfaatkan material genetik virus SARS-Cov-2. Dibandingkan dengan vaksin konvensional, pembuatan vaksin mRNA lebih cepat, lebih murah dan terpenting meminimalisir terjadinya infeksi. Saat ini terdapat 2 jenis vaksin mRNA yang sudah menjalani tahap uji klinis fase 3, yaitu mRNA-1273 dari Moderna dan Vaksin BNT162 dari Pfizer.


Prinsip Kerja Vaksin mRNA

Gambar 1. Prinsip Kerja Vaksin mRNA


Vaksin berbasis mRNA ini akan menginduksi aktivasi sel B respon dan sel T sitotoksisitas. Pada vaksin mRNA-1273, mRNA dilapisi Lipid Nanopartikel (LNP) yang yang mengkode protein spike (S) dari virus SARS-CoV-2. Lipid nanopartikel (LNPs) akan membawa untai mRNA rekombinan protein target memasuki sel somatik sitoplasma untuk bertranslasi dan mengkode protein target. Ketika protein target dilepas dari sel inang, sel penyaji antigen (APC) akan dengan cepat merekam dan memproses protein heterolog (rekombinan protein). Kemudian akan terbentuk komplek MHC (MHC I & MHC II) pada permukaan sel penyaji antigen yang akan pada akhirnya akan mengaktivasi sel B dan sel T. 


Pembuatan Vaksin mRNA


mRNA dihasilkan secara in vitro menggunakan enzim rekombinan, ribonucleotide triphosphates (NTPs) dan sebuah DNA template. Sehingga pembuatannya relatif lebih cepat dan mudah dibanding dengan platform pembuatan vaksin konvensional atau tradisional. Adapun rangkaian produksi mRNA yaitu, sintesis mRNA dan pemurnian mRNA. Komponen untuk menghasilkan mRNA saat ini sudah ada dipasaran, tahapan dan reagen pemurnian mRNA dapat dilihat pada artikel Isolasi DNA dan RNA untuk PCR. Adapun produk Kit Permurnian RNA virus SARS-CoV-2 sebagai berikut.

Merk

No. Katalog

Deskripsi

Size

ABP Bio

D143-1

EasySC Viral RNA Mini Kit

50 Preps

ABP Bio

D143-2

EasySC Viral RNA Mini Kit

100 Preps

ABP Bio

D144-1

EasyMag Viral RNA Mini Kit

50 Preps

ABP Bio

D144-2

EasyMag Viral RNA Mini Kit

100 Preps


SARS-CoV-2 berasal dari subfamily Coronaviridae dengan struktur genomik (+)ss-RNA 30 kb (kilo-base pair) termasuk struktur 5’-cap dan ujung 3’poly-A. Vaksin mRNA ini didasarkan pada ekspresi sitoplasma dari chimeric mRNA yang mengandung open reading frame (ORF) dari untaian virus yang memiliki potensi untuk ditranslasi secara langsung dalam sitoplasma dan menghambat integrasi kromosom.


Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3597572/.

  2. https://www.researchgate.net/publication/343126729_Review_Vaksin_Covid-19






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WA. 0812-9318-5185 | Apa itu Vaksin mRNA?"

Posting Komentar