PT INDOGEN INTERTAMA, berdiri sejak 2010, memulai usahanya dengan menyuplai kebutuhan bahan habis pakai laboratorium riset di sekitar Jakarta. Kini INDOGEN telah menjalin kerjasama dengan beberapa suplier di beberapa daerah, seperti Bandung, Yogyakarta, Makassar, Aceh, Bali dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman, maka INDOGEN mulai memfokuskan diri sebagai suplier produk riset untuk immunologi dan kebutuhan penunjangnya.

WA. 0812-9318-5185 | Deteksi Infeksi Helicobacter Pylori dengan ELISA

Helicobacter Pylori

Helicobacter Pylori sebelumnya dikenal dengan Campylobacter pylori merupakan bakteri gram negatif, berbentuk heliks. Helicobacter Pylori biasanya hidup diperut, namun karena adanya evolusi dari bentuk heliknya, bakteri ini dapat menembus lapisan mukoid pada lambung dan menimbulkan infeksi di lambung serta usus halus.


Lambung dalam kondisi normal menghasilkan asam lambung, selain membantu mencerna makanan juga berfungsi membunuh bakteri yang masuk ke lambung. Namun bakteri Helicobacter Pylori dapat bertahan hidup pada kondisi asam, sehingga bakteri ini dapat hidup di dalam lambung. 


Seseorang yang terinfeksi bakteri Helicobacter Pylori kebanyakan tidak disadari karena awalnya tidak menimbulkan gejala yang signifikan. Gejala dapat muncul apabila infeksi bakteri Helicobacter Pylori berlangsung lama dan terus menerus. Gejala yang dapat ditimbulkan oleh bakteri Helicobacter Pylori biasanya seperti sakit maag (gastritis), tukak lambung, bahkan dapat memicu kanker lambung.


Penderita Helicobacter Pylori umumnya terjadi pada lingkungan yang memiliki sanitasi rendah, status ekonomi rendah, padat penduduk, dan higiene yang buruk serta penyebaran melalui fecal oral. Oleh sebab itu penyebaran bakteri ini dimungkinkan karena kurangnya kebersihan lingkungan dan individu. Untuk mencegah infeksi bakteri Helicobacter Pylori biasakan hidup bersih, hindari makan dan minum yang diduga tercemar oleh bakteri, mengkonsumsi makanan yang matang, dan selalu cuci tangan sebelum makan dan minum.


Deteksi bakteri Helicobacter Pylori dapat dengan dilakukan tes serologi dengan teknik ELISA. Teknik ELISA dapat mendeteksi antibodi pada bakteri Helicobacter Pylori dan pemeriksaanya pun tidak invasif jika dibandingkan dengan pemeriksaan biopsi.


Reagen atau bahan-bahan untuk pemeriksaan ELISA saat ini ada dalam bentuk Kit, dimana regen dan bahan-bahannya sudah ada dalam 1 produk Kit ELISA. Produk ELISA Kit untuk marker Helicobacter Pylori dapat dilihat pada tabel berikut.

Merk Produk

No. Katalog

Nama Produk

Size

Cortez

1506-11

Human Helicobacter pylori Antigen Stool ELISA Test Kit

96T

Cortez

1505-11

Human Helicobacter pylori IgA ELISA Test kit

96T

Cortez

1503-11

Human Helicobacter pylori IgG ELISA Test kit

96T

Cortez

1504-11

Human Helicobacter pylori IgM ELISA Test kit

96T

Abcam

ab108762

Human Anti-Helicobacter pylori IgA ELISA Kit

96T

Abcam

ab108736

Human Anti-Helicobacter pylori IgG ELISA Kit

96T

Abcam

ab178644

Helicobacter pylori IgA plus ELISA Kit

96T

Abcam

ab178645

Helicobacter pylori IgG plus ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS580106

Human H. Pylori IgG ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS702691

Human anti-Helicobacter pylori (Hp) antibody, IgM ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS580105

Human H. Pylori IgA ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS580107

Human H. Pylori IgM ELISA Kit

96T


Referensi:

  1. https://www.alodokter.com/infeksi-helicobacter-pylori

  2. http://news.unair.ac.id/2019/12/12/deteksi-infeksi-helicobacter-pylori-pada-lambung/ 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WA. 0812-9318-5185 | Deteksi Infeksi Helicobacter Pylori dengan ELISA"

Posting Komentar