PT INDOGEN INTERTAMA, berdiri sejak 2010, memulai usahanya dengan menyuplai kebutuhan bahan habis pakai laboratorium riset di sekitar Jakarta. Kini INDOGEN telah menjalin kerjasama dengan beberapa suplier di beberapa daerah, seperti Bandung, Yogyakarta, Makassar, Aceh, Bali dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman, maka INDOGEN mulai memfokuskan diri sebagai suplier produk riset untuk immunologi dan kebutuhan penunjangnya.

WA. 0812-9318-5185 | Apa itu Penyakit Lyme?

Lyme

Penyakit Lyme atau Lyme disease adalah penyakit akibat infeksi bakteri Borrelia. Terdapat beberapa jenis bakteri Borrelia, namun yang sering menjangkit di Indonesia yaitu Borrelia burgdorferi


Penyebaran penyakit lyme diperantarai oleh kutu dari genus Ixodes. Kutu ini akan menyebarkan bakteri borrelia melalui gigitannya. Penyakit lyme ini tidak menular dari manusia ke manusia, namun pengecualian pada ibu hamil dapat menularkan ke janin dalam kandungannya.


Bakteri Borrelia ini terdapat di semua benua, mereka hidup di hutan, rerumputan dan daerah tropis lainnya di habitat kutu pembawanya tinggal. Gejala awal dari penyakit lyme ini yaitu adanya ruam di kulit atau disebut juga erythema migrans. Meskipun erythema migrans merupakan gejala khas penyakit Lyme, namun pada beberapa kasus, ruam ini tidak muncul. Setelah terinfeksi akan timbul gejala lainnya seperti demam, menggigil, lemas, badan terasa nyeri, dan nyeri kepala. 


Penyakit lyme ini tidak boleh dianggap remeh karena dapat menyebabkan penyakit serius. Jika tidak tertangani secara cepat dan tepat, maka dapat menginfeksi sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Penyakit lyme dapat menyerang saraf yang dapat menimbulkan aritmia, meningitis (radang otak), dan enselofati (hilang ingatan dalam jangka pendek).


Untuk mendeteksi penyakit lyme dapat dengan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan ELISA (Enzyme-linked immunosorbent assay) dilakukan untuk mendeteksi antibodi terhadap bakteri Borrelia sp. Adapun ELISA kit untuk deteksi Penyakit Lyme ini yaitu sebagai berikut.

Merk

No Katalog

Nama Elisa Kit

Size

Cortez

1424-2

Human Lyme Disease IgM ELISA Test kit

96T

Cortez

1428-2

Human Lyme Disease IgG ELISA Test kit

96T

Cortez

1423-2

Human Lyme Disease IgG/IgM ELISA Test kit

96T

Abcam

ab108711

Human Anti-Borrelia burgdorferi IgM ELISA Kit 

96T

Abcam

ab178635

Anti-Borrelia burgdorferi IgG ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS733536

Human Anti Borrelia burgdorferi antibody ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS706896

Human borrelia burgdorferi (Bb) antibody, IgG ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS494445

Borrelia burgdorferi IgM ELISA

96T

Mybiosource

MBS9913405

Human Borrelia Burgdorferi Antibody IgG (BB-IgG) ELISA Kit

96T


Referensi:

  1. https://www.klikdokter.com/penyakit/penyakit-lyme

  2. https://www.alodokter.com/penyakit-lyme

  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Lyme_disease 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WA. 0812-9318-5185 | Apa itu Penyakit Lyme?"

Posting Komentar