PT INDOGEN INTERTAMA, berdiri sejak 2010, memulai usahanya dengan menyuplai kebutuhan bahan habis pakai laboratorium riset di sekitar Jakarta. Kini INDOGEN telah menjalin kerjasama dengan beberapa suplier di beberapa daerah, seperti Bandung, Yogyakarta, Makassar, Aceh, Bali dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman, maka INDOGEN mulai memfokuskan diri sebagai suplier produk riset untuk immunologi dan kebutuhan penunjangnya.

WA. 0812-9318-5185 | Demam Tifoid atau Tipes dan Kit Deteksinya

Tifoid atau Tifus

Demam tifoid atau tifus juga sering dikenal dengan penyakit tipes adalah salah satu jenis penyakit yang perlu diwaspadai. Tifus atau tipes disebabkan oleh bakteri jenis Salmonela yaitu ada dua jenis, Salmonella Typhi dan Salmonella Paratyphi. Gejala dari penyakit tipes ini biasanya demam (39–40°C), sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, tidak nafsu makan dan nyeri perut. 


Seseorang yang terkena tipes biasanya akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri S. Typhi. Sekitar 3-5% orang yang pernah mengalami tipes menjadi carrier atau pembawa penyakit dalam jangka panjang dengan gejala yang tidak terlihat. Hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor penyebaran wabah penyakit tipes. 


Penyakit tipes dapat memicu kecemasan atau stres karena siklusnya cukup panjang. Masa inkubasi bakteri Salmonella typhi sekitar 7-14hari. Biasanya diawali kenaikan suhu tubuh pada malam hari dan turun di pagi harinya, lidah berwarna putih dan terasa pahit saat makan, juga ada masalah pada saluran pencernaan seperti diare. Gejalanya hampir sama dengan demam berdarah, namun pada tipes mikroba masuk ke saluran pencernaan sehingga menyebabkan diare atau konstipasi. Bila dapat ditangani dengan tepat, penderita tipes akan membaik setelah 2-3 minggu, namun masih butuh istirahat untuk perbaikan sistem pencernaan dan sel darah putihnya.


Sebagai tindak pencegahan penyakit tipes, Badan kesehatan dunia WHO merekomendasikan vaksinasi pada wilayah endemik tipes. Saat ini sudah terdapat 3 vaksin untuk mencegah penyakit tipes, yaitu:

  1. Vaksin typhoid conjugate (TCV): untuk usia anak-anak dari 6 tahun sampai dewasa usia 45 tahun.

  2. Vaksin Vi-PS: untuk usia di atas 2 tahun. 

  3. Vaksin Ty21a: untuk usia di atas 6 tahun. 


Pemeriksaan tipes, selain dari fisik juga dilakukan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan penyakit tipes yang sering kita dengar yaitu tes serologi dengan teknik widal. Widal adalah suatu reaksi aglutinasi atau penggumpalan antara antigen dan antibodi. Aglutinasi akan terjadi pada sampel salmonella, penderita tipes, seseorang yang telah divaksinasi tipes dan seseorang yang pernah mengalami tipes. Sehingga masih diperlukan pemeriksaan yang akurat untuk penyakit tipes atau demam tifoid ini. Pemeriksaan serologi lainnya dapat menggunakan teknik ELISA dimana hasil dapat berupa data kuantitatif. Sehingga lebih akurat dalam menegakkan diagnosis.


Berikut ada list Katalog ELISA Kit untuk pemeriksaan tifus atau tipes.

Merk

No. Katalog

Nama Produk

Size

Cortez

6150-47

Salmonella Typhi IgG ELISA

96T

Mybiosource

MBS494612

Human Salmonella typhi IgG ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS705501

Human salmonella typhi (ST) antibody, IgM ELISA Kit

96T

Biovision

E4678-100

Salmonella Typhi IgG ELISA Kit

96T

Biovision

E4679-100

Salmonella Typhi IgM ELISA Kit


Creative Diagnostic

DEIA8603

Salmonella Typhi IgM ELISA Kit

96T


Referensi:

  1. https://www.cdc.gov/typhoid-fever/symptoms.html.

  2. https://www.who.int/immunization/diseases/typhoid/en/.

  3. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3621586/hati-hati-penyakit-tifus-rentan-membuat-stres

 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " WA. 0812-9318-5185 | Demam Tifoid atau Tipes dan Kit Deteksinya"

Posting Komentar