PT INDOGEN INTERTAMA, berdiri sejak 2010, memulai usahanya dengan menyuplai kebutuhan bahan habis pakai laboratorium riset di sekitar Jakarta. Kini INDOGEN telah menjalin kerjasama dengan beberapa suplier di beberapa daerah, seperti Bandung, Yogyakarta, Makassar, Aceh, Bali dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman, maka INDOGEN mulai memfokuskan diri sebagai suplier produk riset untuk immunologi dan kebutuhan penunjangnya.

WA. 0812-9318-5185 | Infeksi Jamur di Negara Tropis

Infeksi Jamur


Jamur selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat, jamur juga merupakan salah satu penyebab infeksi terutama di negara dengan iklim tropis. Karena Jamur sangat senang hidup di lingkungan yang hangat dan lembah cocok sekali dengan negara tropis. 


Jamur jenis Candida albicans, sering menjadi biang keladi infeksi kulit juga dikenal dengan sebutan kandidiasis. Infeksi yang terjadi akibat C. albicans selain menyerang jaringan kulit, juga dapat menyerang kuku, selaput lendir dan alat vital. Bahaya yang dapat terjadi ketika infeksi jamur mengenai alat vital, dapat menularkan pasangannya. Infeksi candida ini (kandidiasis) dalam kondisi parah dapat menyebabkan sepsis, yaitu peradangan pada seluruh tubuh, bahkan dapat menyebabkan kematian. Penggunaan antibiotik yang tidak teratur dan dalam waktu lama juga salah satu faktor berkembangnya infeksi jamur ini.


Selain candida albicans, jamur jenis lain juga dapat menyebabkan infeksi misalnya kurap, panu, dan memperparah penderita HIV/AIDS karena mereka memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Infeksi jamur mudah menyerang tubuh seseorang pada saat tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Seiring dengan berjalannya waktu, infeksi jamur candida non albicans dari tahun ke tahun mulai bertambah, hal ini diiringi dengan semakin meningkatnya pemakaian flukonazol sebagai terapi antifungi. Hal tersebut menunjukkan adanya resistensi jamur. Sehingga diperlukan dosis tinggi untuk mengobati infeksi jamur atau dengan penemuan obat baru.


Banyak peneliti berlomba-lomba menemukan obat baru yang aman untuk penyakit infeksi jamur ini. Hal tersebut berkaitan dengan diagnostik infeksi jamur secara serologi. Tes serologi yang dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas penemuan obat baru. Tes serologi yang biasa digunakan yaitu dengan metode ELISA. 


ELISA atau enzyme-linked immunosorbent assay mudah dan efesien dilakukan terlebih jika komponennya sudah lengkap dalam satu kit ELISA. ELISA Kit terkait infeksi jamur dapat dilihat pada daftar produk kit di bawah ini.

Merk

No. Katalog

Nama Produk

Ukuran Test

Mybiosource

MBS2606062

Human Candida Albicans ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS494472

Candida albicans IgM ELISA

96T

Mybiosource

MBS770704

Human Candida Albicans (C.albicans) Antibody (IgG) ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS495529

Candida albicans IgA ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS7254062

Human Candida Albicans (C.albicans) IgE antibody ELISA Kit

96T

Abcam

ab108715

Human Anti-Candida albicans IgG ELISA Kit

96T

 

Pencegahan infeksi jamur dapat dilakukan dengan menerapkan hidup bersih, jaga lingkungan agar tetap bersih, rajin mencuci tangan setelah melakukan kegiatan, gunakan pakaian bersih dan nyerap keringat, gunakan alas kaki pada saat keluar rumah, gunakan peralatan mandi dan pakaian pribadi. 


Referensi:

  1. Kalista KF, et al. 2017. Karakteristik Klinis dan Prevalensi Pasien Kandidiasis Invasif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. 4;(2): 56-61.

  2. https://www.alodokter.com/infeksi-jamur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WA. 0812-9318-5185 | Infeksi Jamur di Negara Tropis"

Posting Komentar