PT INDOGEN INTERTAMA, berdiri sejak 2010, memulai usahanya dengan menyuplai kebutuhan bahan habis pakai laboratorium riset di sekitar Jakarta. Kini INDOGEN telah menjalin kerjasama dengan beberapa suplier di beberapa daerah, seperti Bandung, Yogyakarta, Makassar, Aceh, Bali dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman, maka INDOGEN mulai memfokuskan diri sebagai suplier produk riset untuk immunologi dan kebutuhan penunjangnya.

WA. 0812-9318-5185 | ELISA Kit Demam Berdarah Dengue

Demam Berdarah Dengue

Pendahuluan

Demam dengue atau dikenal juga sebagai penyakit DBD (Demam Berdarah) salah satu penyebab penyakit menular di dunia. Demam dengue sesuai dengan namanya ditandai dengan gejala panas sampai dengan 7 hari. Demam dengue disebabkan virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes melalui gigitannya. Demam dengue ini tersebar di negara tropis dan subtropis dan menjadi endemi di negara tersebut.


Etiologi

Virus penyebab Demam dengue berasal dari genus virus Flavivirus. Flavivirus virus memiliki 4 serotipe yang berbeda (DENV 1-4) dengan untai RNA tunggal. Infeksi salah satu serotipe virus dengue menghasilkan kekebalan tubuh seumur hidup, namun tidak berlaku untuk serotipe yang lain.


Epidemologi

Epidemi dengue virus terjadi setiap tahun di negara Amerika, Asia, Afrika, dan Australia. Penularan virus dengue terdiri dari 2 siklus yaitu, dari Primata ke Primata dan Manusia ke manusia dengan carrier Nyamuk Aedes. 

Nyamuk penyebar virus adalah nyamuk betina dari jenis Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Nyamuk tersebut aktif pada siang hari dan biasanya terdapat di dalam ruangan tertutup. Selain melalui nyamuk, penularan juga terjadi pada bayi yang masih dalam kandungan dan bayi yang masih menyusui. 

Serotipe virus dengue yang bervariasi menyebabkan terjadinya endemi setiap tahunnya, seperti virus influenza.


Patofisiologi

Manusia yang terinfeksi virus dengue diketahui sebanyak 75% nya tidak menunjukan gejala. Masa inkubasi virus ini 4-7 hari setelah terinfeksi. Demam dengue dapat sembuh dengan sendirinya namun dengan perawatan yang tepat. Sekitar 0.5-5% demam dengue dapat menyebabkan penyakit yang parah. Tingkat kematian akibat demam dengue (DBD) ini banyak dialami oleh anak-anak. 

Viremia (masuknya virus ke dalam aliran darah) terjadi antara 24 - 48 jam sebelum timbulnya gejala. Kondisi pasien terinfeksi (seperti sistem imun) dan komplek penyerangan virus dapat menentukan tingkat keparahan penyakit dengue. 


Fase Demam Dengue

Ada tiga fase saat terjadi demam berdarah, yaitu demam, fase kritis dan fase pemulihan. 

  1. Demam

Pada kondisi demam bisa terjadi mendadak dengan suhu mencapai 40 C. Demam biasanya berlangsung 2 - 7 hari. Gejala lainnya ditandai dengan munculnya bintik merah pada tubuh, sakit tenggorokan, sakit kepala, lesu, mual dan muntah. Muncul bintik merah bisa terjadi pada saat awal dan akhir demam dengan rasa seperti terbakar.


  1. Fase Kitis

Fase kritis biasanya paling sering terjadi pada hari ke 4 - 6, bisa lebih awal atau lebih akhir (hari ke 3 - 7) saat terjadinya demam.  Fase ini  terjadi pada saat suhu tubuh mulai mengalami penurunan sampai mendekati batas normal (defervescence) yaitu sekitar 37.5 C - 38 C. Pada fase ini terjadi peningkatan permeabilitas pembuluh darah kapiler. Jika terjadi  peningkatan permeabilitas kapiler yang sangat hebat, akan terjadi perembesan plasma (plasma leakage), sehingga darah menjadi kental, dan bila tidak mendapat terapi cairan yang memadai, dapat menyebabkan syok sampai kematian.. 


  1. Fase Pemulihan

Fase pemulihan biasanya berlangsung 2-3 hari apabila mendapat penanganan yang tepat. Biasa ditandai dengan denyut jantung yang tidak normal (makin melambat). Pada pemeriksaan laboratorium darah nilai hematokrit akan mengalami penurunan sampai stabil dalam rentang normal dan disertai peningkatan jumlah trombosit secara cepat menuju nilai normal.


Deteksi Demam Dengue

Antigen virus dangue dapat dideteksi dengan metode ELISA (enzyme-linked immunosorbent assay). Produk ELISA Kit dengan marker Virus Dengue dapat ditemukan di PT INDOGEN INTERTAMA. PT INDOGEN menyediakan banyak Produk ELISA kit dengan marker Dengue virus dari berbagai Merk terkenal seperti, Cortez, Mybiosource dan Abcam. Berikut ini List produk ELISA Kit Dengue virus yang di jual PT INDOGEN. Jangan khawatir, sekiranya Anda tidak menemukan produk yang dibutuhkan, staf Indogen akan dengan senang hati membantu Anda. Silakan untuk email atau tanya-tanya via WA.

Merk

No. Katalog

Nama Produk

Size

Cortez

8116-35

Human Dengue IgG ELISA Test Kit

96T

Cortez

8115-35

Human Dengue IgG/IgM ELISA Test Kit

96T

Cortez

8117-35

Human Dengue IgM ELISA Test Kit

96T

Cortez

8404-25

Human Dengue NS1 ELISA Test Kit

96T

Mybiosource

MBS580100

Human Dengue Virus IgG ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS580101

Dengue Virus IgM, ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS3801930

Human Dengue Virus NS1 Antigen ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS3802379

Human Dengue Virus ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS3804735

Human Dengue Virus Antibody ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS109524

Qualitative Human Dengue Virus Type 1 Antibody (Anti-DENV1) ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS109525

Qualitative Human Dengue Virus Type 2 Antibody (Anti-DENV2) ELISA Kit

96T

Abcam

ab108728

Human Anti-Dengue virus IgG ELISA Kit 

96T

Abcam

ab108729

Human Anti-Dengue virus IgM ELISA Kit

96T

Abcam

ab247193

Dengue Virus IgM ELISA kit (µ-capture)

96T


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WA. 0812-9318-5185 | ELISA Kit Demam Berdarah Dengue"

Posting Komentar