PT INDOGEN INTERTAMA, berdiri sejak 2010, memulai usahanya dengan menyuplai kebutuhan bahan habis pakai laboratorium riset di sekitar Jakarta. Kini INDOGEN telah menjalin kerjasama dengan beberapa suplier di beberapa daerah, seperti Bandung, Yogyakarta, Makassar, Aceh, Bali dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman, maka INDOGEN mulai memfokuskan diri sebagai suplier produk riset untuk immunologi dan kebutuhan penunjangnya.

7 Jenis Virus Penyakit Mematikan di Dunia

Penyakit Mematikan

Wabah penyakit yang menyebabkan Epidemi di seluruh dunia saat ini adalah serangan dari virus corona atau SARS-CoV-2. Sampai sekarang terdapat lebih dari 200 negara yang terjangkit virus corona dan lebih dari 15.000.000 orang terkena virus corona baru ini. 

Sebelumnya dunia juga dihebohkan dengan virus lainnya yang menyebabkan epidemi dan banyak menelan korban jiwa. Apa saja virus itu?

  1. Virus Influenza

Virus Influenza terdiri dari 4 tipe, tipe yang paling mematikan adalah influenza tipe A yaitu diantaranya ada H1N1 (Flu Babi) dan H5N1 (Flu burung). Virus H1N1 menyebabkan pandemi pada tahun 2019, menyebabkan kematian 0.03% populasi dunia. Selengkapnya dapat dilihat pada artikel Influenza.


  1. HIV

HIV terbagi atas dua tipe utama, yaitu HIV-1 dan HIV-2. Penderita AIDS pada umumnya terinfeksi oleh HIV-1. Sedangkan HIV-2 diketahui hanya menyerang sebagian kecil individu, terutama di Afrika Barat. HIV-2 ditemukan pada tahun 1986, endemik pada wilayah Afrika Barat dan jarang ditemukan pada wilayah lain. Sejak pandemi, jumlah penderita HIV sampai tahun 2018 menurut data WHO mencapai lebih dari 32 juta jiwa, dan 770. 000 orang meninggal dunia. Selengkapnya dapat dilihat pada artikel HIV.

  1. Rabies

Rabies adalah penyakit zoonosis yaitu penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia, yang disebabkan oleh virus rabies, dari genus Lyssavirus, family Rhabdoviridae. Anjing adalah reservoir virus yang paling umum, dengan lebih dari 99% kematian manusia disebabkan oleh rabies yang ditularkan oleh anjing. Berdasarkan WHO, Rabies diperkirakan menyebabkan 59.000 kematian manusia setiap tahun di lebih dari 150 negara, dengan 95% kasus terjadi di Afrika dan Asia. Selengkapnya baca artikel Rabies.


  1. Ebola

Virus Ebola pertamakali ditemukan tahun 1976 di Kongo dan Sudan Selatan. Pada tahun 2014 virus ebola menyebabkan wabah di bagian barat Afrika. Negara yang terkena dampak paling parah yakni, Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Berdasarkan data WHO 2016, kematian akibat Virus Ebola mencapai 11.325 jiwa.
Virus Ebola menular melalui darah dan cairan tubuh lainnya (termasuk feses, saliva, urine, bekas muntahan dan sperma) dari hewan atau manusia yang terinfeksi Ebola. Virus ini dapat masuk ke tubuh orang lain melalui kulit yang terluka atau melalui membrane mukosa yang tidak terlindungi seperti mata, hidung dan mulut. Virus ini juga dapat menyebar melalui jarum suntik dan infus yang terkontaminasi.


  1. Variola

Penyakit cacar lebih dikenal dengan istilah smallpox disebabkan oleh virus Variola. Cacar atau smallpox pernah menewaskan lebih dari 30.000 ratusan tahun lalu di Yunani. Saat ini virus variola penyebab cacar berhasil diatasi dengan vaksin sejak tahun 1980.


  1. Dangue

Demam dengue atau dikenal juga sebagai penyakit DBD (Demam Berdarah) salah satu penyebab penyakit menular di dunia. Epidemi dengue virus terjadi setiap tahun di negara Amerika, Asia, Afrika, dan Australia. Penularan virus dengue terdiri dari 2 siklus yaitu, dari Primata ke Primata dan Manusia ke manusia dengan carrier Nyamuk Aedes. Selengkapnya dapat dibaca pada artikel Demam Berdarah Dengue.


  1. SARS-CoV

Virus corona pertama kali ditemukan pada tahun 1960 dan berkaitan dengan penyakit pernapasan. Pada kasus di Timur Tengah misalnya, virus corona MERS-CoV dan SARS-CoV dapat menjadi lebih buruk di manusia seperti pneumonia, sindrom pernapasan akut bahkan kematian. Baca selengkapnya pada artikel SARS-CoV.


Penting bagi kita tau macam-macam jenis virus mematikan diatas, sehingga bisa lebih waspada dan aware terhadap kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Berbagai penelitian dari para ahli pun banyak dilakukan untuk mengatasi penyakit mematikan ini. PT INDOGEN memberikan kontribusi dalam mensuplai sebagai Bahan Riset dan Reagen penelitian. Produk yang di jual PT INDOGEN dapat dilihat juga pada website indogen.id


Referensi:

  1. https://www.kemkes.go.id/development/site/depkes/index.php?cid=1801&id=waspada-flu 

  2. https://www.who.int/gho/hiv/en/

  3. https://www.kemkes.go.id/article/view/13100001/tidak-ada-kekosongan-vaksin-cacar-air.html 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Jenis Virus Penyakit Mematikan di Dunia"

Posting Komentar