PT INDOGEN INTERTAMA, berdiri sejak 2010, memulai usahanya dengan menyuplai kebutuhan bahan habis pakai laboratorium riset di sekitar Jakarta. Kini INDOGEN telah menjalin kerjasama dengan beberapa suplier di beberapa daerah, seperti Bandung, Yogyakarta, Makassar, Aceh, Bali dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan zaman, maka INDOGEN mulai memfokuskan diri sebagai suplier produk riset untuk immunologi dan kebutuhan penunjangnya.

WA. 0812-9318-5185 | Jangan Anggap Remeh Parotitis (Mumps) atau Gondongan

Parotitis

Parotitis atau Mumps dikenal juga dengan Gondongan adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus mumps. Virus mumps ini menyerang kelenjar parotis atau kelenjar ludah yang ada di mulut sehingga seringkali orang yang terinfeksi mumps akan mengalami pembengkakan di pipi. 


Mumps virus termasuk dalam kelompok keluarga virus Paramyxoviridae, sama seperti virus campak (measles). Penyebaran mumps yaitu melalui droplet dari batuk, bersin atau percikan cairan lainnya dari orang yang terinfeksi virus mumps. Gondongan sering dialami hampir semua golongan, namun 85% kasus mumps yaitu dari anak-anak di bawah umur 15 tahun. 


Sama seperti virus lainnya, virus mumps ini memiliki masa inkubasi sebelum timbulnya gejala. Gejala yang dapat timbul 14-24 hari setelah terinfeksi virus mumps, gejala yang timbul yaitu demam, sakit kepala, nyeri otot, dan bengkak pada kelenjar parotis. Namun selain menyerang kelenjar parotis, virus mumps juga dapat menginfeksi bagian tubuh lain sehingga menyebabkan komplikasi. Berikut adalah komplikasi yang dapat terjadi akibat virus mumps:

  1. Radang testis (orchitis) 

  2. Radang ovarium dan payudara (oophoritis & mastitis)

  3. Radang pankreas (pancreatitis)

  4. Radang otak (encephalitis)

  5. Radang selaput otak dan saraf tulang belakang (meningitis)


Pencegahan penyakit mumps telah dilakukan sejak tahun 1989 yaitu dengan memberikan vaksin MMR (measles, mumps, rubella). Vaksin MMR telah menjadi program wajib pemerintah setiap negara untuk menurunkan kasus Mump. Sejak diadakannya vaksinasi mumps ini, penyakit Mumps cenderung menurun bahkan di Amerika penurunan kasus mencapai 99%. 


Pemeriksaan untuk mendiagnosis secara pasti adanya virus mumps yaitu dengan pemeriksaan serologi. Pemeriksaan serologi dapat dilakukan dengan teknik ELISA yang saat ini sudah umum dilakukan. Kit ELISA juga sudah banyak yang menggunakan karena dinilai lebih efisien dan akurat. Katalog Mumps ELISA Kit dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Merk

Nomor Katalog

Nama Produk Kit

Ukuran 

Cortez

1410-1

Mumps IgG ELISA kit

96T

Cortez

1411-1

Mumps IgM ELISA kit

96T

Abcam

ab108752

Human Anti-Mumps virus IgG ELISA Kit

96T

Abcam

ab108753

Human Anti-Mumps virus IgM ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS494157

Human Mumps IgG ELISA Kit

96T

Mybiosource

MBS494265

Human Mumps IgM ELISA Kit

96T


Referensi:

  1. https://www.cdc.gov/mumps/outbreaks.html

  2. https://www.rspermata.co.id/articles/read/parotitis-epidemika-mumps

  3. https://www.who.int/immunization/diseases/mumps/en/ 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WA. 0812-9318-5185 | Jangan Anggap Remeh Parotitis (Mumps) atau Gondongan"

Posting Komentar